Setyo Pamungkas' Weblog

Serikat Pekerja di Indonesia (Catatan Ringkas Bag. 3) – Hak, Kewajiban, dan Proteksi

Posted in Hukum (Law), Ketenagakerjaan by Setyo on March 11, 2012

Sebagai tindak lanjut atas sudah tercatatnya Serikat Pekerja/Serikat Buruh pada instansi yang bertanggungjawab di bidang ketenagakerjaan, perlu untuk dilihat apa yang menjadi hak dan kewajiban serikat sehubungan dengan hal tersebut. Di sisi lain, ada perhatian negara terhadap perlindungan atas pelaksanaa hak dan kewajiban tersebut. Setelah memahami tentang urgensi (Catatan Ringkas Bag. 1) dan cara pembentukannya (Catatan Ringkas Bag. 2), hak dan kewajiban serikat juga telah mendapatkan perhatian oleh Undang-Undang Nomor 21 Tahun 2000 tentang Serikat Pekerja.

Pada Pasal 25 undang-undang tersebut, diatur hak serikat yang telah tercatat. Yakni:

  1. membuat perjanjian kerja bersama dengan pengusaha;
  2. mewakili pekerja/buruh dalam menyelesaikan perselisihan industrial;
  3. mewakili pekerja/buruh dalam lembaga ketenagakerjaan;
  4. membentuk lembaga atau melakukan kegiatan yang berkaitan dengan usaha peningkatan kesejahteraan pekerja/buruh;
  5. melakukan kegiatan lainnya di bidang ketenagakerjaan yang tidak bertentangan dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku

Sementara itu, pada Pasal 27 juga diatur mengenai kewajibannya, yaitu:

  1. melindungi dan membela anggota dari pelanggaran hak-hak dan memperjuangkan kepentingannya;
  2. memperjuangkan peningkatan kesejahteraan anggota dan keluarganya;
  3. mempertanggungjawabkan kegiatan organisasi kepada anggotanya sesuai dengan AD/ART.

Sejalan dengan telah diratifikasinya Konvensi ILO No.87/1948 tentang Kebebasan Berserikat dan Perlindungan atas Hak Berorganisasi, melalui Keputusan Presiden R.I. Nomor 83 tahun 1998, maka ada isu sentral yang menjadi perhatian. Hal ini terkait dengan upaya perlindungan hak berserikat yang dilakukan oleh UU No. 21 Tahun 2000.

Tindakan perlindungan tersebut dapat dilihat dalam Pasal 28, yakni negara memberikan perlindungan hak untuk berserikat, yakni : (a) sebuah serikat pekerja/serikat buruh didirikan atau tidak didirikan; (b) seorang pekerja menjadi atau tidak menjadi bagian dari pengurus serikat; (c) pekerja merupakan anggota atau bukan anggota serikat; dan (d) pekerja melaksanakan atau tidak kegiatan serikat selama jam kerja.

Sedangkan di sisi lain, negara juga melindungi pekerja dari hal-hal yang menghambat pelaksanaan hak berserikat (Pasal 29) yang meliputi perlindungan dari : (a) PHK, skorsing sementara, penurunan pangkat atau pemindahan; (b) Gaji tidak dibayar atau dikurangi; (c) Tindakan intimidasi dalam bentuk apapun; dan (d) Berkampanye menentang pembentukan serikat.

Serikat Pekerja juga memiliki hak untuk melakukan afiliasi dengan serikat pekerja internasional. Serikat yang telah terdaftar dapat berafiliasi dengan serikat pekerja/serikat buruh internasional. Keuntungan dari hal ini adalah bahwa serikat pekerja tersebut dapat menerima bantuan kerja sama dalam rangka mengembangkan organisasi dalam bentuk pelatihan atau bantuan keuangan, dengan catatan: WAJIB memberikan laporan kepada instansi yang bertanggung jawab di bidang ketenagakerjaan.

Pengawasan Serikat

Wewenang Mengawasi Kegiatan Serikat (Pasal 40) diserahkan kepada Petugas pengawas ketenagakerjaan, yakni mengawasi kegiatan serikat. Sedangkan wewenang mengadakan penyelidikan atas Tindak Kriminal (Pasal 41) ada pada Petugas pengawas ketenagakerjaan dan polisi melakukan penyelidikan kepada Serikat yang diduga melakukan tindakan kriminal.

——

Lihat pula tentang Serikat Pekerja di Indonesia: Catatan Ringkas Bag. 1 dan Catatan Ringkas Bag. 2 (silakan klik).

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: