Setyo Pamungkas' Weblog

Permenakertrans No. 13 Tahun 2012 : Poin Pentingnya

Posted in Hukum (Law), Ketenagakerjaan by Setyo on November 19, 2012

Permenakertrans RI No. 13 Tahun 2012 merupakan wujud aturan yang merupakan hasi dari beberapa pertimbangan penting. Bahwa komponen KHL berdasarkan Permenakertrans No.Per.17/Men/VIII/2005 dalam perkembangannya dianggap sudah tidak sesuai dengan perkembangan  kebutuhan hidup pekerja. Hasil Forum Konsolidasi Depeprov se-Indonesia pada tahun 2009, 2010, dan 2011 menghasilkan kesepakatan untuk merekomendasikan untuku dilakukan perubahan, penyesuaian, dan peningkatan kualitas dan kuantitas KHL. 

Selain itu Pemerintah telah melaksanakan beberapa usaha untuk mengkaji persoalan komponen kebutuhan hidup layak ini, yakni dengan mendorong tiga pilar ketenagakerjaan untuk melaksanakannya. Melalui fact finding Dewan Pengupahan Nasional dengan Tim Pakar UI untuk mengetahui KHL pekerja/buruh, pada 15 Prov, Maret sampai dengan April 2012, dalam rangka memperoleh informasi tentang seberapa besar kebutuhan hidup riil pekerja/buruh. Kegiatan itu dilakukan dengan responden (subyek data) yang mewakili dari kelompok Industri Besar (IB), Industri Sedang (IS) dan Industri Mikro Kecil (IMK).

Dari hasil Forum Konsolidasi Dewan Pengupahan se Indonesia tahun 2009, 2010 dan tahun 2011, serta aspirasi yang berkembang dikalangan pekerja/buruh dan pengusaha/Apindo, maka selain rekomendasi Dewan Pengupahan Nasional tersebut diatas selanjutnya ditetapkan penambahan jenis KHL yang baru sebanyak 10 jenis, dan beberapa perubahan serta penyesuaian (lebih lanjut klik di sini).

Poin-poin Penting

Bahwa di dalam Permenakertrans RI No. 13 Tahun 2012, terdapat beberapa hal yang penting, yakni diantaranya:

  • bahwa Permenakertrans ini berlaku sejak diundangkan 12 Juli 2012. Pemberlakuan ini berdampak pada penyusunan dan perumusan KHL, yakni melalui survey-survey yang dilakukan, dengan leading sector-nya adalah instansi ketenagakerjaan setempat, yang mendukung kinerja Pokja Survey KHL dan Dewan Pengupahan Kota/Kabupaten.
  • Permenakertrans RI No. 13/2012 dipergunakan sebagai salah satu faktor pertimbangan penetapan upah minimum tahun 2013, yang artinya bahwa stakeholder harus menggunakan landasan peraturan ini, sebagai acuan untuk menetapkan upah minimum untuk tahun 2013. Di sisi lain, aturan ini juga menjadi titik tolak bagaimana usulan UMK 2013 disampaikan tanpa menyalahi aturan.
  • Permenakertrans RI No. 17/2005 dinyatakan tidak berlaku lagi, sehingga tiap elemen ketenagakerjaan diharuskan untuk tidak lagi menggunakan aturan ini sebagai dasar perumusan KHL

Hal penting lainnya yang diatur adalah bahwa Nilai  KHL berdasarkan ketentuan tersebut ditetapkan oleh Ketua  Dewan Pengupahan, dan disampaikan kepada Gubernur secara berkala (tiap bulan) yakni setiap telah dilakukan penyusunan KHL tiap bulannya, maka Gubernur harus diberitahu. Dalam ketentuan tersebut pula, unsur BPS tidak melulu menjadi ketua Tim Survey KHL, sehingga unsur BPS tetap menjadi bagian penting tanpa mengurangi perannya.

Adapun Tim survey KHL berdasar Permenakertrans RI No. 13 Tahun 2012 setidak-tidaknya terdiri dari 5 orang : unsur tripartit (pekerja-pengusaha-pemerintah), unsur pakar dan unsur BPS.

Hal-hal tersebut menjadi catatan tersendiri bagi pelaksanaan dan penerapan ketentuan baru dalam hal penyusunan KHL. Selain itu, pada permulaannya, di dalam proses transisi keberlakuan ketentuan yang baru, pemerintah, pengusaha dan pekerja sudah selayaknya menyamakan persepsi dan meningkatkan kualitas pemahamannya. Dukungan unsur lain, pakar dan Badan Pusat Statistik, dapat memberikan wawasan yang cukup.

——————

Tulisan ini merupakan pendapat pribadi penulis.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: