Setyo Pamungkas

Tipikorisasi Kontrak Kerja Konstruksi

Posted in Hukum (Law) by Setyo on April 10, 2010

Tinjauan Normatif Atas Penyelesaian Sengketa Jasa Konstruksi Dengan Menggunakan Hukum Pidana

I. Pendahuluan
Jasa konstruksi merupakan salah satu problematika dalam perkembangan hukum di Indonesia yang menuntut keteraturan hukum dikarenakan kompleksitas persoalannya. Persoalan-persoalan yang kompleks tersebut menyangkut peranan berbagai subjek hukum dalam proses pelaksanaan jasa konstruksi. Kecenderungan untuk melakukan penyimpangan di dalam persoalan jasa konstruksi atau pada proyek-proyek pengadaan barang dan jasa di Indonesia menjadi sesuatu yang patut dicermati. Selain itu, pengenaan hukum yang tepat dalam penyelesaian sengketa jasa konstruksi menjadi titik tolak utama bagaimana penyidik, jaksa penuntut umum, dan hakim di Indonesia menerapkan ketentuan-ketentuan hukum yang berkaitan dengan masalah jasa konstruksi.
Di dalam konsep jasa konstruksi dikenal adanya kontrak kerja konstruksi yang merupakan landasan bagi penyelenggaraan jasa konstruksi di Indonesia. Kontrak kerja ini menjadi fokus dalam mengadakan suatu kegiatan jasa konstruksi, dikarenakan substansi kontrak yang memuat kepentingan hak dan kewajiban para pihak dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya. Namun, pelaksanaan kontrak tersebut seringkali memunculkan persoalan, ketika diperhadapkan pada suatu intervensi negara dalam konteks tindak pidana korupsi. Masalah utama yang kemudian perlu dijawab adalah apakah penyimpangan pelaksanaan kontrak kerja konstruksi yang tidak sesuai, bisa dituntut sebagai suatu tindak pidana korupsi? Dapatkan tindak pidana korupsi dikenakan pada proses pelaksanaan kontrak kerja konstruksi? Permasalahan-permasalah ini layak diangkat sebagai topik yang menarik dan secara normatif dapat ditemukan jawabannya.

Lebih lanjut, silahkan download materi dengan klik link di bawah ini

Makalah Tipikorisasi Kontrak Kerja Konstruksi_FIX

Makalah Tipikorisasi Jasa Konstruksi

Makalah Partisipasi Seminar Nasional Status Hukum Kontrak Kerja Konstruksi Fakultas Hukum – Magister Ilmu Hukum UKSW, tanggal 25 Maret 2010 di BU-UKSW Salatiga

One Response

Subscribe to comments with RSS.

  1. denis said, on December 16, 2010 at 5:06 pm

    Thanks atas postingannya, kebetulan lagi nyari2 nech. mas kalo contoh surat kontrak kerja pelaksanaan konstruksi seperti apa ya detilnya?

    Thanks

    Denis


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: