Setyo Pamungkas

Moot Court

Moot Court Community (MCC) merupakan kelompok studi yang dibentuk oleh mahasiswa fakultas hukum, yang memiliki minat untuk belajar lebih dalam mengenai praktek-praktek hukum yang berkembang di masa kini. MCC juga berangkat dari pemikiran bahwa materi yang didapat dari perkuliahan perlu dikembangkan dan diterapkan pada praktek yang sebenarnya. Secara umum, MCC berorientasi pada kegiatan ko-kurikuler yang fokus pada pendidikan hukum klinis (clinical legal education) yang mempelajari praktek-praktek di bidang hukum.

MCC di FH-UKSW pada mulanya dibentuk untuk merespon perkembangan kompetisi peradilan semu di tingkatan regional, nasional, dan internasional. Pada awal terbentuknya MCC hanya memiliki jumlah anggota tidak lebih dari 20 (duapuluh) orang mahasiswa FH-UKSW dari berbagai angkatan. Meski belum memiliki anggota tetap tapi melalui berbagai media promosi, MCC mulai menjadi komunitas studi yang mendapatkan perhatian dari rekan-rekan mahasiswa FH-UKSW yang lainnya. Jumlah anggota memang belum menyiratkan antusiasme dan tren yang meningkat secara signifikan, akan tetapi minimal dapat membantu kami untuk bangkit dan bersemangat mengerjakan berbagai hal yang positif dan berguna bagi mahasiswa FH-UKSW.

MCC belakangan ini berkembang menjadi kelompok studi mahasiswa yang tidak hanya berorientasi pada partisipasi mahasiswa pada kompetisi-kompetisi saja, namun juga melandaskan tujuan pada penerapan materi perkuliahan, praktek-praktek dan keterampilan hukum, serta diskusi-diskusi mengenai perkembangan hukum dewasa ini. Hal ini dikarenakan keberadaan MCC di lingkungan mahasiswa FH-UKSW yang mengalami pasang surut perlahan-lahan mulai menemukan bentuknya. Selain itu, fakultas hukum di berbagai perguruan tinggi di Indonesia sudah lazim adanya bila memiliki kelompok studi khusus yang belajar mengenai praktek beracara di pengadilan. Setiap FH di tiap universitas di Indonesia bahkan selalu mencantumkan kelompok studi tersebut sebagai bagian yang tidak terpisahkan dari proses belajar mengajar di FH.

MCC di FH-UKSW merupakan komunitas yang secara integral menyatu dengan keberadaan Laboratorium Fakultas Hukum UKSW, namun memiliki kemampuan mengembangkan diri sebagai semi autonomious body tanpa melupakan peranan dan eksistensi laboratorium FH-UKSW itu sendiri.

Visi :

Mendidik mahasiswa fakultas hukum untuk mengembangkan kemampuan dan keterampilan di bidang hukum secara proporsional serta memperkenalkan aspek-aspek kemahiran hukum dan pengetahuan atau keilmuan hukum dengan landasan semangat creative minority, serta motivasi untuk melakukan pembaharuan pendidikan tinggi hukum agar lulusan fakultas hukum siap untuk memasuki dunia kerja dan/atau mengemban profesi hukum.

Misi :

  • Memberikan kesadaran akan kebutuhan ilmu pengetahuan dan praktek penerapan ilmu pengetahuan hukum secara lebih mendalam kepada mahasiswa FH

  • Mengembangkan kemampuan pemahaman pengetahuan dan keilmuan hukum

  • Meningkatkan keterampilan dan kemahiran (praktek) mahasiswa di bidang hukum

  • Melatih mahasiswa pada bidang keahlian yang mendukung profesi hukum

Peran :

  • Mewadahi minat dan bakat mahasiswa FH UKSW tentang ilmu hukum dan perkembangannya dewasa ini

  • Memberikan gambaran dan pengenalan materi hukum secara mendalam sehingga dapat memberikan kontribusi dalam pembangunan dan penegakan hukum

  • Memberikan sarana pelatihan dan praktek bagi calon aparat penegak hukum

  • Membantu mahasiswa untuk dapat memahami masalah hukum dan cara penyelesaiannya

  • Belajar bersikap sebagai penegak hukum yang terhormat yang bermartabat serta menghormati profesi penegak hukum

  • Mengembangkan kemampuan berbahasa inggris, lisan dan tulisan yang dapat mendukung profesi hukum sekarang dan di masa depan.

Program yang akan dilaksanakan oleh MCC pada periode ini secara umum terdiri atas tiga hal yang pokok. Tiga hal yang pokok tersebut adalah penguasaan terhadap praktek penegak hukum (legal practice), bantuan teknis bagi penelitian yang dilakukan oleh mahasiswa fakultas hukum (student legal research), serta keterampilan berpendapat dalam diskusi/debat mahasiswa (debate rooms).

  • Legal Practice

Merupakan Program Utama dari MCC yang bertujuan untuk melatih mahasiswa fakultas hukum melalui praktek-praktek penegak hukum yang meliputi praktek legal drafting, yakni praktek membuat dokumen-dokumen hukum yang didahului dengan pelatihan untuk legal drafting dan advokasi. Pelatiah tersebut dilaksanakan dengan tujuan untuk melatih mahasiswa membuat berkas-berkas peradilan beserta dokumen-dokumen lain yang dapat meningkatkan kemampuan mahasiswa memahami masalah hukum.

Bersamaan dengan itu, MCC melaksanakan latihan-latihan simulasi persidangan sebagai sarana mahasiswa mengembangkan dan menyiapkan diri sebagai calon aparat penegak hukum di masa depan. Pelatihan oengacara muda disisipkan untuk menambah pengetahuan hukum mahasiswa dan penerapan hukum pada kasus-kasus nyata, sekaligus juga mahasiswa diajak untuk berkesplorasi melalui kegiatan observasi peradilan, dan belajar mengenai seni peran.

  • Student Legal Research

Yakni program MCC untuk membantu mahasiswa mengadakan penelitian, baik yang berorientasi pada penelitian untuk karya tulis ilmiah (diperlombakan atau tidak), maupun penelitian-penelitian yang dilaksanakan oleh komunitas. Program ini diharapkan menjadi media untuk mahasiswa fakultas hukum belajar lebih dalam mengenai penelitian hukum secara mendalam.

Selain itu, dalam rangka memenuhi kebutuhan praktek, MCC ikut serta dalam program-program pengabdian masyarakat yang dilaksanakan oleh Fakultas Hukum UKSW, Kampus, maupun program pengabdian masyarakat yang dilaksanakan lembaga lain sepanjang dapat meningkatkan kemampuan mahasiswa fakultas hukum untuk peka terhadap lingkungan social masyarakatnya.

  • Debate Rooms

Debate rooms adalah sarana komunitas untuk merangsang dan mengembangkan pendapat dalam bermacam-macam bentuk diskusi dan debat mahasiswa yang dilengkapi dengan pembentukkan pendapat hukum (legal opinion), serta secara kritis mencermati perkembangan masalah-masalah hukum di Indonesia dan dunia.

Debate rooms juga memberikan bantuan belajar kepada mahasiswa untuk memiliki kemampuan berbahasa inggris dan menggunakan bahasa inggris dalam diskusi-diskusi atau debat berbahasa inggris. Selain itu, mahasiswa dibantu untuk memahami isi dari dokumen-dokumen hukum berbahasa inggris.

Adapun selain melalui diskusi yang bersifat komunikasi oral, maka MCC menyediakan sarana tulisan melalui Bulletin dan situs MCC (http://mccfhuksw.wordpress.com/) demi menjawab tuntutan agar mahasiswa dapat menulis dan berpendapat serta dituangkan dalam jurnal ilmiah.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: